12/14/15

Hukum Newton 1, 2, 3 , Persamaan, & Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Admin Perpusku
Loading...

Hukum Newton 1, 2, dan 3 adalah sebuah hukum yang menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum-hukum ini sesuai namanya, ditemukan oleh Sir Isaac Newton, seorang ahli fisika, matematika, dan filsafat yang lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari, sangat banyak penerapan ketiga hukum newton tersebut. Diantaranya adalah penerapan pada katrol, lift, dan benda yang berada pada bidang horizontal.

Hukum Newton 1
Bunyi Hukum Newton 1
"Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda bernilai nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut, benda akan terus bergerak dengan kelajuan tetap pada lintasan lurus atau tetap diam."

Rumus / Persamaan Hukum Newton 1
ΣF=0

Contoh Hukum Newton 1 Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak
2. Benda yang berada di atas kain di meja akan tetap disana ketika kain ditarik secara cepat.

Berdasarkan Hukum Newton 1 tersebut, dapat disimpulkan bahwa benda cenderung mempertahankan keadaannya. Sifat ini disebut sebagai kelembaman benda. Semakin besar massa benda, semakin besar kelembamannya.

Hukum Newton 2
Bunyi Hukum Newton 2
"Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda."

Rumus / Persamaan Hukum Newton 2
ΣF=ma atau a=ΣF/m

Contoh Hukum Newton 2 Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Gaya yang ditimbulkan ketika orang menarik gerobag yang penuh dengan sampah,untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat pembuangan sampah.
2. Bola yang diam kemudian ditendang maka bola akan bergerak dengan percepatan tertentu.

Berdasarkan Hukum Newton 2, maka kita dapat mengetahui bahwa semakin besar gaya, maka percepatan semakin besar. Sebaliknya, semakin besar massa, percepatan semakin kecil.

Hukum Newton 3
Bunyi Hukum Newton 3
"Jika benda pertama mengerjakan gaya pada benda kedua, benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan."

Rumus / Persamaan Hukum Newton 3
Faksi=−Freaksi

Contoh Hukum Newton 2 Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Jika kita duduk di atas kursi, berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah, sedangkan kursi menahan (mendorong) badan ke atas.
2. Tangan akan terasa sakit saat memukul tembok, karena tembok memberikan gaya reaksi yang menyebabkan tangan terasa sakit.

Hukum Newton 3 sering disebut sebagai Hukum Aksi-Reaksi. Setiap ada aksi akan ada suatu reaksi.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :