12/21/15

Informasi Jadwal CPNS 2016

Perpusku
Loading...

Akhirnya pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)  menyatakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016 resmi akan dilaksanakan. Penerimaan CPNS dilakukan melalui jalur pelamar umum, bahkan berdasarkan rancangan yang telah dibuat tes CPNS 2016 telah dijadwalkan pada bulan Maret 2016.

Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono menyatakan bahwa “Moratorium bukan berarti tidak menerima pegawai baru sama sekali. Koridornya masih di moratorium terbatas dan jumlah yang diangkatkan pun sangat sedikit karena hanya menggantikan yang pensiun saja.”
KemenPAN-RB mengatakan bahwa moratorium rekrutmen CPNS pada tahun 2016 sifatnya tidak mutlak. Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka karena sejumlah instansi negara masih membutuhkan pegawai baru.

Rencananya, formasi CPNS 2016 yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu.

Formasi CPNS 2016 diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jumlahnya, sekitar 3.000-an.  Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1.000-an. Untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5.000-an. Sekolah ikatan dinas ini, antara lain, Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelijen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM). Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Kemendagri).

Pendaftaran CPNS 2016 dilakukan dengan registrasi online. Registrasi dapat dilakukan di situs resmi penerimaan CPNS 2016 https://regpanselnas.menpan.go.id/

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :