12/16/15

Organ-organ pada Hewan & Manusia

Admin Perpusku
Loading...

Apakah organ itu? dalam ilmu biologi, pengertian organ adalah sekumpulan jaringan yang memiliki fungsi dan struktur tertentu dan saling bekerja sama satu sama lain demi menunjang kehidupan makhluk hidup. Hewan memiliki organ vital yang berbeda-beda, karena jenis dan kebutuhannya juga berbeda-beda. Sedangkan pada manusia, terdapat setidaknya 78 organ. Sedangkan organ vital pada manusia ada 5, yaitu otak, jantung, hati, paru-paru, dan ginjal. Fungsi dari organ-organ itu adalah sebagai berikut.


1. Otak
Otak adalah pengendali tubuh manusia, menyimpan informasi (memori), berpikir, belajar, dan mengontrol fungsi organ tubuh lainnya, seperti pencernaan, detak jantung dan pernapasan. Otak menerima dan mengirim sinyal melalui jaringan saraf yang terletak diseluruh tubuh dan menanggapi rasa sakit dan stimulasi lainnya. Tanpa otak, manusia tidak akan bisa bernapas, berjalan, makan, berpikir, dan lain sebagainya. Karena otak adalah organ paling vital dan sangat rentan terhadap benturan maka ia dilindungi oleh tengkorak yang keras dan tertutup dalam tempurung kepala.
Otak Manusia

2. Jantung
Jantung juga merupakan organ vital. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh melalaui pembuluh darah dan menerima kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Tanpa jantung, organ-organ lain tidak akan mendapatkan suplai oksigen. Jantung terletak di sisi kiri dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Dalam seumur hidup, rata-rata jantung manusia berdetak lebih dari 2,5 juta kali.
Jantung Manusia

3. Hati
Hati terletak di perut bagian kiri atas. Fungsi utama hati adalah untuk menghasilkan empedu dan mengirimkannya ke perut untuk pencernaan. Hati juga menetralkan racun (detoksifikasi) dan mengatur gula darah. Hati juga bertugas membuang zat berbahaya pada pembuluh darah seperti kolesterol dan memproduksi protein darah.
Hati Manusia

4. Paru-paru
Paru-paru terletak di dada dan dilindungi oleh tulang rusuk. Fungsi paru-paru adalah mengambil oksigen yang kemudian disalurkan oleh darah menuju jantung. Paru-paru juga membuang karbon dioksida dan kotoran lainnya dari vena darah. Jantung hampir diapit oleh paru-paru, sehingga mereka juga bertindak sebagai peredam kejut untuk jantung. Paru-paru juga menjaga tingkat pH darah.
Paru-paru Manusia

5. Ginjal
Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Di bagian atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal (juga disebut kelenjar suprarenal).  Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, dan menjaga pH darah. Ginjal juga memproduksi enzim yang disebut renin. Enzim ini memainkan peran besar dalam mengatur tekanan darah manusia.
Ginjal Manusia

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :