12/25/15

Pengertian Gas Etana & Fungsinya

Perpusku
Loading...

Etana adalah senyawa hidrokarbon berbau dan tidak berwarna pada suhu dan tekanan standar yang ada di alam. Gas Etana terbuat dari minyak bumi. Karena adanya ikatan tunggal dalam strukturnya, gas ini diklasifikasikan sebagai hidrokarbon alkana dan termasuk dalam empat alkana primer, yaitu: metana, etana, propana, dan butana.

Etana pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1834, ketika ia melakukan percobaan elektrolisis pada larutan kalium asetat. Nama 'etana' diturunkan dari kata 'ether', berasal dari bahasa Latin dan Yunani 'ether' atau 'aither', yang berarti 'udara'.
Rumus kimia untuk gas etana adalah C2H6. Etana memiliki massa molar 30,07 gram per mol (g / mol). Titik leleh etana adalah -181,76 ° C (89,34 K) sedangkan titik didihnya -88,6 ° C (184,5 K).

Gas Etana

Karena gas etana bersifat non-polar, maka ia larut dalam pelarut polar seperti air. Biasanya, kelarutan etana cukup rendah untuk pembentukan larutan homogen pada suhu kamar. Seperti halnya dengan semua alkana, juga sangat mudah terbakar. Pembakaran sempurna gas menghasilkan karbon dioksida dan air bersama dengan rilis 1561 kilo joule per mol (kJ / mol).

Pembakaran tidak sempurna atau parsial gas mengarah ke produksi senyawa tunggal karbon seperti karbon monoksida dan formaldehida. Produk sepele tambahan yang dihasilkan selama pembakaran parsial etana ini adalah asetaldehida, metanol, etanol, dan metana. Secara struktural, ia memiliki salah satu kisi sederhana di antara semua alkana, terdiri dari ikatan karbon-karbon tunggal.

Etana dikategorikan sebagai bahan bakar bersih dan juga konstituen utama kedua gas alam setelah metana. Terlepas dari gas alam, juga terjadi secara alami sebagai komponen dilarutkan dalam minyak bumi. Selain ini, itu adalah kepala oleh-produk selama operasi yang melibatkan kilang minyak dan batubara-karbonisasi.

Etana terutama digunakan untuk produksi etilena melalui proses steam-retak. Umumnya, prosedur ini menggunakan beberapa agen lainnya untuk pengurangan hidrogen selain oksigen. Reaksi dilakukan pada suhu yang lebih tinggi, antara berbagai 600 ° - 900 ° C (873,15 - 1,173.15 K).
 Ethylene adalah produk signifikan komersial, banyak digunakan untuk mempercepat proses pematangan makanan, pembuatan gas pengelasan, dan komponen utama dalam produksi Levinstein sulfur mustard, gas senjata kimia mematikan.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :