1/4/16

Unsur, Senyawa, dan Campuran

Admin Perpusku
Loading...

Segala sesuatu yang ada di alam ini tersusun atas materi. Para ilmuwan mengklasifikasikan materi agar lebih mudah dipelajari dan disusun secara matematis. Apakah yang dimaksud materi? Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi juga sering disebut sebagai zat. Berdasarkan wujudnya materi dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat adalah batu, kayu, dan beberapa jenis logam. Air, minyak goreng, sirup, kecap, bensin, merupakan zat cair. Sedangkan yang tergolong dalam zat gas adalah udara, asap, dan uap air.

Materi tersusun dari beberapa partikel penyusun yang sudah diklasifikasikan oleh para ilmuwan menjadi dua kelompok, yaitu zat tunggal dan campuran. Unsur dan senyawa termasuk dalam golongan zat tunggal. Nah, apa yang dimaksud dengan unsur, senyawa, dan campuran?

Unsur
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Unsur adalah zat tunggal dan merupakan partikel-partikel penyusun jutaan materi yang berupa senyawa atau lainnya.
Unsur dikelompokkan menjadi 3,yaitu unsur logam, unsur non logam, dan unsur semi logam

Secara umum unsur logam memiliki sifat berwarna putih mengkilap, dapat menghantar arus listrik, dapat ditempa, dan dapat menghantarkan kalor (panas) dengan baik. Logam merupakan zat padat, kecuali satu unsur logam yang berwujud cair yaitu air raksa.

Unsur nonlogam memiliki sifat tidak mengkilap, penghantar arus listrik yang buruk, dan tidak dapat ditempa. Secara umum unsur non logam merupakan penghantar panas yang buruk, kecuali grafit.

Metaloid atau unsur semo logam memiliki sifat antara logam dan non logam. Biasanya bersifat semikonduktor. Apakah yang dimaksud semikonduktor? Bahan yang bersifat semi konduktor tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik pada suhu yang rendah, tetapi sifat hantaran listriknya menjadi lebih baik ketika suhunya tinggi.

Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang tersusun dari beberapa unsur dengan perbandingan massa tetap. Artinya bahwa senyawa bisa diuraikan menjadi dua atau lebih unsur penyusun. Senyawa terbentuk oleh ikatan kimia dari dua jenis unsur atau lebuh, suatu senyawa mempunyai sifat tertentu dan berbeda dari sifat unsur-unsur penyusunnya.
Bebrapa contoh senyawa adalah Soda kue, Amoniak, Karbon dioksida, Sukrosa, Urea, Asam sulfat, dan Air.

Campuran
Pengertian campuran adalah materi yang terdiri dari dua jenis zat atau lebih. Terbentuknya campuran berbeda dengan senyawa. Suatu senyawa terbentuk dari hasil suatu peristiwa kimia atau reaksi kimia, sedangkan campuran dihasilkan dari proses perubahan yang sama sekali berbeda, yaitu peristiwa fisika.
Campuran dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :