3/21/16

Pengertian Gerak Endonom, Nutasi, Rotasi Sitoplasma, & Higroskopis

Admin Perpusku
Loading...

Seperti halnya hewan, tumbuhan juga melakukan gerak sebagai tanggapan terhadap rangsangan yang diterimanya. Rangsangan tersebut dapat berasal dari lingkungan maupun dari dalam tubuh tumbuhan sendiri. Salah satu dari gerak tumbuhan disebut sebagai gerak Endodom. Apakah gerak endodom itu?
Contoh Gerak Endonom Higroskopis

Gerak Endonom
Pengertian gerak endonom adalah gerak tumbuahan yang disebabkan oleh rangsangan yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri.

Gerak tumbuhan yang termasuk Endonom adalah sebagai berikut:
Gerak Nutasi
Nutasi adalah gerak ujung batang yang sedang tumbuh atau organ lain seperti daun, stolon, tangkai bunga, dan akar. Gerakan organ-organ tersebut membentu lintasan melingkar di udara.

Rotasi Sitoplasma
Gerak rotasi sitoplasma atau disebut siklosis yaitu gerakan memutar yang dilakukan oleh sitoplasma di dalam sel. Gerakan ini terjadi pada sel-sel daun Hydrilla verticillata dengan menggunakan mikroskop. Melalui pengamatan dengan mikroskop, gerakan sitoplasma ditandai dengan tampaknya gerakan rotasi kloroplas di dalam sitoplasma.

Gerak Higroskopis
Gerakan higrokopis yaitu gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam bagian tumbuhan. Contohnya, pecahnya kulit buah polong-polongan, pecahnya kulit buah tumbuhan pacar air, dan membukanya kotaj spora tumbuhan lumut dan paku saat mengeluarkan spora.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :