4/2/16

Fungsi Rangka pada Sistem Gerak Manusia

Admin Perpusku
Loading...

Manusia dapat bergerak karena dikaruniai alat gerak pada tubuh berupa rangka dan otot. Dengan adanya kerja sama antara rangka dan otot, manusia dapat berjalan, berlari, melompat, dan sebagainya. Rangka menusia tersusun oleh tulang-tulang yang jumlahnya kurang lebih 200 buah. Tulang-tulang tersebut membentuk sistem yang disebut rangka.

Berdasarkan letak tulang-tulang terhadap sumbu tubuh, rangka manusia dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah rangka aksial yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Kelompok kedua, adalah rangka apendikular yang berada di bagian tepi dari sistem rangka aksial. Rangka aksial terdiri atas tulang kepala (tengkorak), ruas-ruas tulang belakang (vertebrae) tulang dada (sternum) dan tulang rusuk (kosta). Rangka Apendikular terdiri atas gelang bahu, anggota gerak atas (tungkai atas), gelang panggul, dan anggota gerak bawah (tungkai bawah).

Fungsi rangka pada manusia adalah sebagai berikut:
1. Pemberi bentuk tubuh.
2. Pembentuk sendi tubuh.
3. Sebagai tempat pelekatan otot-otot.
4. Bekerja sebagai pengungkit.
5. Penyokong berat badan serta daya tahan untuk menghadapi pengaruh tekanan.
6. Sebagai pelindung organ-organ penting.
7. Tempat pembentukan sel-sel darah.
8. Sebagai tempat penyimpanan kalsium.

Baca juga:
- Macam-Macam Tulang
- Pengelompokan Tulang
- Hubungan Antartulang (Artikulasi)
- Kelainan dan Penyakit pada Tulang dan Persendian

Kerangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak. Rangka kepala di bagi menjadi 2 yaitu tlang bagian kepala dan tulang bagian muka. Rangka badan di bagi menjadi 5 yaitu tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang bahu, dan tulang pinggul. Sedangkan rangka anggota gerak di bagi menjadi 2 yaitu tulang gerak atas dan tulang gerak bawah.
Hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain disebut Sendi. Berdasarkan sifat geraknya, sendi dapat dibedakan atas sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak. Salah satu fungsi rangka tubuh adalah untuk menegakkan tubuh, misalnya ruas tulang belakang

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :