5/17/16

Karakteristik Stratifikasi Sosial Masyarakat

Admin Perpusku
Loading...

Secara rinci, karakteristik stratifikasi sosial ada tiga jenis. Ketiga karakteristik stratifikasi sosial tersebut adalah perbedaan kemampuan atau kesanggupan, perbedaan gaya hidup, dan perbedaan hak dan akses dalam pemanfaatan sumber daya.

Karakteristik Stratifikasi Sosial Masyarakat

Perbedaan Kemampuan atau Kesanggupan
Kelompok masyarakat yang berada pada lapisan sosial tinggi akan memiliki kemampuan yang lebih besar jika dibandingkan mereka yang berada di lapisan bawah. Kemampuan yang dimaksud, antara lain kemampuan dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik. Kelompok masyarakat golongan atas akan dengan mudah untuk memiliki rumah, mobil, dan perhiasan dibandingkan golongan kelas bawah.

Perbedaan Gaya Hidup (Life style)
Jika diperhatikan gambar di atas kita dapat membedakan mana golongan masyarakat atas dan masyarakat bawah. Gaya berpakaian merupakan salah satu dari gaya hidup. Hal lain yang termasuk gaya hidup adalah tempat makan dan makanan yang dimakan.

Perbedaan Hak dan Akses dalam Memanfaatkan Sumber Daya
Masyarakat yang menduduki lapisan sosial atas akan makin banyak fasilitas dan hak yang diperoleh. Sementara itu, masyarakat lapisan bawah dan tidak menduduki jabatan strategis apapun akan sedikit mendapatkan hak dan fasilitas.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :