6/13/16

10 Taman-taman Terindah di Dunia

Admin Perpusku
Loading...

Taman adalah sebuah tempat indah berisi barenaka jenis bunga yang dibangun untuk menyenangkan pikiran, memperindah suatu area, dan juga sering dimanfaatkan untuk tujuan koleksi tumbuhan maupun satwa. Di dunia ini ada beberapa taman-taman yang disebut-sebut sebagai taman-taman terindah. Berikut ini adalah nama-nama taman tersebut.

10. Butchart (Kanada)

Butchart
Taman Butchart adalah sebuah kebun bunga yang sangat indah yang berada Brentwood Bay, British Columbia, Canada dekat pulau Victoria dan Vancouver. Kebun bunga disebut-sebut oleh banyak orang sebagai kebun bunga terindah di dunia. Tak berlebihan memang, karena nyatanya Butchart Gardens memang mempunyai pemandangan yang sangat Indah. Taman ini merupakan gagasan dari Jennie Butchart, istri seorang pengusaha Robert Pim Butchart. Pada tahun 1909, ketika perusahaan tambang suaminya telah menghabiskan tambang batu kapur, Jennie Butchart memutuskan untuk membangun sesuatu yang indah di bekas tambang tersebut. Pada tahun 1921, taman ini selesai dan segera mulai menarik perhatian para penduduk.
Banyak sekali koleksi bunga yang beraneka ragam serta penuh warna di taman ini. Bunga-bunga penuh warna inilah yang menjadi pusat keindahan taman ini. Selain itu, masih ada lagi air terjun The Ross Fountain yang makin menambah keindahan taman bunga ini.

9. Château de Versailles (Prancis)
Château de Versailles
Château de Versailles jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti Taman Versailles. Taman yang terletak di sebelah barat dari château dari Versailles di Versailles, Perancis, ini menempati area seluas 800 hektar.
Taman ini pertama kali dirancang oleh Andre Le Notre pada kurun 1660-an. Ia melakukan perbesaran lahan beberapa kali hingga mencapai luasan 101 hektar.

Château de Versailles dilengkapi dengan aneka jenis bunga, tanaman berbuah, pepohonan, air mancur, kolam, serta patung-patung artistik. Taman  ini terdiri dari beberapa bidang tematis, termasuk dua bangunan peristirahatan yang disebut Grand Trianon, hasil karya artistik JH Mansard (1687), serta satu bangunan lain yang disebut Petit Trianon.

8. Dumbarton Oaks (Amerika Serikat)
Dumbarton Oaks
Dumbarton Oaks pada awalnya merupakan taman milik Robert Woods Bliss dan istrinya Mildred Barnes Bliss . Namun taman ini kemudian diberikan ke universitas havard pada tahun 1940 dan digunakan sebagai penelitian untuk mendapatkan beasiswa dari jurusan desain taman, arsitektur pertamanan dll. Sekarang taman ini dibuka untuk umum

7. Kew Royal Botanic (Inggris)
Kew Royal Botanic

Key Garden dibuat oleh Lord Capel John of Tewkesbury. Kebun ini kenudian diperluas oleh Augusta, Princess of Wales dan diperkaya lagi oleh King George III.
Royal Botanic Gardens Kew merupakan tempat koleksi tumbuhan hidup yang terbesar di dunia, dan mempekerjakan lebih dari 650 orang ilmuwan dan staf lainnya. Dengan koleksi tanaman hidupnya yang lebih dari 30 ribu jenis, 7 juta lebih spesimen yang diawetkan (herbarium), dan perpustakaan
dengan lebih dari 750 ribu volume serta 175 ribu ilustrasi tanaman, Royal Botanic Garden Kew menjadi tempat riset tanaman dan lembaga pendidikan yang
penting secara internasional.

6. Powerscourt (Irlandia)
Powerscourt
Terletak di irlandia, taman ini dibangun sejak 1731 oleh arsitek dari jerman yaitu Richard Cassels dan selesai pada tahun 1741. Taman ini sempat terbakar pada tahun 1974 dan dibangun kembali pada tahun 1996 sehinga menjadi tempat menarik bagi kalangan turis.

5. Sans Souci (Jerman)
Sans Souci
Taman Sans Souci terletak di Potsdam dekat Berlin, Jerman. Kebun ini di bangun oleh Frederick II atau lebih dikenal dengan Frederick Agung, Raja Prusia. Pembangunan kebun Sans Souci dimulai pada 10 Agustus 1744dan selesai pada tahun 1747.

4. Stourhead (Inggris)
Stourhead
Taman yang berada di Wiltshire Inggris ini menjadi salah satu taman paling indah di dunia. Terletak di muara Sungai Stour, taman ini menawarkan keindahan yang spektakuler dengan flora berwarna-warni, fitur air, monumen dan keajaiban arsitektur abad ke 18. Kebun ini merupakan gagasan dari desainer ahli tanaman Henry HoareII dengan model klasik abad ke 18. Di dalamnya terdapat bendungan yang diilhami dari beberapa pelukis terkenal seperti Claude Lorrain, Gaspard Dughet dan lainnya. Beberapa kuil seperti obelisk, Bristol High Cross dan Menara Raja Alfred merupakan landmark penting di Stourhead.

3. Villa d'Este (Italia)
Villa d'Este
Taman Villa d'Este berlokasi di Tivoli, Italia dan dianggap sebagai karya dari budaya Renaissance, arsitektur dan desain telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kebun ini juga merupakan bagian dari anggota Grandi Giardini Italiani, sebuah asosiasi kebun terbaik di Italia. Taman bertingkat ini memiliki beragam koleksi flora seperti mawar, melati, rhodonderon, camelia, palm, magnolia, chesnuts dan lainnya. Fitur air seperti air mancur, air terjun, kolam, kerikil, patung dan lainnya menambah keindahan taman ini. Kebun dan villa ini dibangun atas perintah Cardinal IppolitoII pada abad ke 16. Setelah menjadi milik pribadi selama beberapa abad, kebun ini diakuisisi oleh pemerintah setelah Perang Dunia ke II dan sejak kala itu menjadi tujuan wisata populer hingga saat ini.

2. Villa Ephrussi de Rothschild (Perancis)
Villa Ephrussi de Rothschild
Taman dekat pantai ini adalah satu dari banyak pemandangan indah sepanjang French Rivera. Anggota keluarga Bank Rothschild mendirikan villa di awal abad ke 20. Terdapat sembilan kebun khas yang mengelilingi vila, masing-masing memiliki keunikan masing-masing. Kebun-kebun tersebut diantaranya Taman Eksotik, Taman Florentine, Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Provencal, Taman Mawar, Taman de Serves, Taman Spanyol dan Taman Batu. Taman Perancis adalah taman terbesar lengkap dengan segala macam tanaman air dengan patung-patung dengan ikon Perancis.

1. Wangshiyuan Garden (Cina)
Wangshiyuan Garden
Wangshiyuan Garden atau Master of the Nets Garden terletak di Distrik Gusu China, sangat terkenal di dunia dengan keindahan yang spektakuler bersama Suzhou Garden dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kebun ini berasal dari zaman Dinasti Song di wilayah selatan (1127-1279) dan menjadi bagian dari kediaman pejabat pada dinasti tersebut. Area Wangshiyuan Garden dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu bagian perumahan, area taman barat dan kebun utama bagian dalam. Terdapat kolam yang berlokasi di taman utama dan didekorasi dengan nilai estetika yang luar biasa. Sebuah paviliun didirikan dekat kolam yang dapat dilewati dengan jembatan pendek.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :