6/9/16

Pengertian, Fungsi, & Ciri-ciri Landasan Teori yang Baik dalam Penelitian

Admin Perpusku
Loading...

Teori adalah suatu himpunan pengertian (construct atau concept) yang saling berkaitan, batasan, dan proporsi yang menyajikan pandangan sistematis tentang gejala-gejala dengan jalan menetapkan hubungan yang ada di antara variabel-varibel, dan dengan tujuan untuk menjelaskan serta meramalkan gejala-gejala tesebut. Teori menyatukan hasil-hasil pengamatan sehingga memungkinkan ilmuwan membuat pernyataan-pernyataan umum mengenai variabel-variabel dan hubungan antarvariabel. Apakah yang dimaksud dengan landasan teori?

Landasan Teori Penelitian

Definisi Landasan Teori
Landasan teori adalah rujukan teori yang relevan yang digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti, sebagai dasar untuk memberi jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan (hipotesis) dan penyusunan instrument penelitian. Teori yang digunakan bukan sekedar pendapat dari pengarang atau pendapat lain, tetapi teori yang benar-benar telah teruji kebenarannya.

Fungsi Teori dalam Penelitian
Teori memiliki beberapa fungsi dalam rencana penelitian, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Meringkas dan menyusun pengetahuan yang ada dalam suatu bidang tertentu. Misalnya, teori tentang kekerasan akan mengumpulkan berbagai hasil penelitian yang terpisah-pisah menjadi pengetahuan menyeluruh tentang perilaku kekerasan individu maupun kelompok.

2. Memeberikan keterangan sementara mengenai peristiwa-peristiwa dan hubungan-hubungan yang diamati. Hal ini dilakukan dengan cara menunjukkan variabel-variabel yang saling berhubungan dan bagaimana bentuk hubungan tersebut.

3. Merangsang perkembangan pengetahuan baru dengan jalan memberikan bimbingan ke arah penyelidikan selanjutnya. Dari suatu teori, para peneliti membuat suatu deduksi tentang apa yang akan terjadi dalam situasi dan kondisi tertentu.

Ciri-ciri Teori yang Baik
Tidak semua teori dapat digunakan begitu saja dalam suatu penelitian. Selain harus berhubungan dengan penelitian yang kita lakukan, teori yang kita pilih harus baik. Teori yang baik itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Harus menerangkan fakta hasil pengamatan yang ada hubungannya dengan suatu masalah. Teori harus mampu menerangkan "mengapa"-nya gejala yang sedang diselidiki.

2. Teori harus konsisten dengan fakta yang diamati dan dengan kerangka pengetahuan yang sudah lebih dulu ada. Kita mencari teori yang dapat memberikan cara yang paling mungkin atau paling efisien guna menerangkan fakta-fakta yang berhasil dikumpulkan.

3. Teori harus memberikan cara pembuktian kebenaran, maksudnya harus memungkinkan dibuatnya deduksi dalam bentuk hipotesis yang menyatakan akibat yang diharapkan dapat diamati jika teori tersebut benar.

4. Teori harus merangsang penemuan baru dan menunjukkan bidang-bidang baru yang perlu diselidiki.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :