10/28/16

Kelainan dan Gangguan pada Sistem Pernapasan Manusia

Admin Perpusku

Dalam kehidupan sehari-hari, sistem pernapasan manusia dapat mengalami gangguan atau kelainan karena sebab-sebab tertentu. Selain gangguan yang bersifat fisik, terdapat gangguan saluran pernapasan yang disebabkan infeksi bakteri atau virus. Pada umumnya gangguan ini menyebabkan peradangan karena adanya respons sistem kekebalan tubuh. Peradangan ini diberi nama bergantung pada tempat terjadinya peradangan.

Gangguan pada sistem pernapasan biasanya disebabkan oleh kelainan dan penyakit yang menyerang alat-alat pernapasan. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan sebagai berikut.

1. Anthrakosis
Kelainan pada alat pernapasan yang disebabkan oleh masuknya debu tambang. Jika yang masuk debu silikat, disebut silicosis.
2. Asfiksi
Kelainan atau gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan. Penyebabnya dapat terletak di paru-paru, di pembuluh darah, atau dalam jaringan tubuh.
3. Asma
Gangguan pada rongga saluran pernapasan yang diakibatkan oleh berkontraksinya otot polos pada trakea. Hal ini akan mengakibatkan penderita sukar bernapas.
4. Bronkitis
Kelainan yang terjadi karena peradangan bronkus.
5. Emfisema
Suatu penyakit yang terjadi karena ketidaknormalan (abnormalitas) susunan dan fungsi alveolus. Akibatnya, terjadi inefisiensi pengikatan O2 sehingga pernapasan menjadi sulit.
6. Faringitis
Faringitis adalah infeksi pada faring oleh bakteri dan virus. Gejalanya adalah kerongkongan terasa nyeri saat menelan.
7. Influenza
Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menimbulkan radang pada selaput mukosa di saluran pernapasan.
8. Kanker paru-paru
Penyakit yang biasa diderita oleh perokok. Kanker ini disebabkan oleh adanya tumor ganas yang terbentuk di dalam epitel bronkiolus.
9. Penyakit diphteri
Penyakit ini biasa menyerang saluran pernapasan anak bagian atas. Kuman penyebabnya Corynebacterium diphteriae. Kuman diphteri tersebut mengeluarkan racun dan bila racun ini beredar bersama darah, akan merusak selaput jantung.
10. Penyempitan atau penyumbatan saluran napas
Dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar limfa, misalnya polip (di hidung) dan amandel (di tekak), yang menyebabkan penyempitan saluran pernapasan sehingga menimbulkan kesan wajah bodoh dan sering disebut wajah adenoid. Penyempitan ini dapat pula terjadi karena saluran pernapasannya yang menyempit akibat alergi, misalnya pada asma bronkiale.
11. Pleuritis
Pleuritis adalah peradangan selaput (pleura) karena pleura mengalami penambahan cairan intrapleura, akibatnya timbul rasa nyeri saat bernapas.
12. Pneumonia atau logensteking
Merupakan penyakit radang paruparu yang disebabkan Diplococcus pneumoniae.
13. Tonsilitis
Radang karena infeksi oleh bakteri tertentu pada tonsil. Gejalanya yaitu tenggorokan sakit, sulit menelan, suhu tubuh naik, demam, dan otot-otot terasa sakit.
14. Tuberkulosis(TBC)
TBC adalah penyakit paru-paru karena Mycobacterium tuberculosis, tandanya terbentuk bintik-bintik kecil pada dinding alveolus.

Sistem pernapasan manusia bisa mengalami gangguan atau kelainan seperti di atas karena disebabkan oleh infeksi kuman, faktor bawaan, ataupun kebiasaan hidup yang salah.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :