10/19/16

Rangka Aksial

Admin Perpusku
Loading...

Apakah yang dimaksud dengan rangka aksial? Rangka aksial adalah rangka sumbu tubuh yang menyusun poros tubuh dan memberikan dukungan serta perlindungan pada organ di kepala, leher, dan badan. Tulang apa saja yang termasuk ke dalam bagian tulang aksial? Bagian-bagian yang termasuk rangka aksial yaitu tulang tengkorak, tulang dada, tulang rusuk, tulang ekor, dan  ruas-ruas tulang belakang.

Gambar Rangka Aksial

Bagian-bagian Rangka Aksial
1. Tulang Tengkorak
Tulang tengkorak terdiri atas 28 buah tulang, berfungsi melindungi otak, mata, dan telinga dalam. Tulang-tulang pembentuk tengkorak dibedakan atas tulang tengkorak wajah (muka) dan tengkorak pelindung otak (kubah).  Hubungan tulang yang terdapat pada tengkorak kepala bersifat suture yaitu tidak dapat digerakkan. Sendi yang terdapat diantara tulang-tulang tengkorak merupakan sendi mati yang disebut sutura.

Kesatuan susunan tengkorak yang tegak seolah ”terletak” seimbang di atas ruas teratas (pertama) tulang belakang adalah tulang atlas. Sendi yang menghubungkan tengkorak dengan tulang belakang ini disebut sendi atlas(sendi putar), sehingga memungkinkan gerak kepala mengangguk ke depan dan ke belakang, menggeleng ke kiri dan ke kanan, bahkan berputar ke kiri dan ke kanan dengan wajah tetap menghadap ke depan.

2. Tulang Dada
Tulang dada terdiri atas
a. bagian kepala/tulang hulu (manubrium), terletak di bagian atas dari tulang dada, tempat melekatnya tulang rusuk yang pertama dan kedua.
b. badan/gladious (corpus), terletak dibagian tengah, tempat melekatnya tulang rusuk ke tiga sampai ke tujuh, gabungan tulang rusuk ke delapan sampai sepuluh.
c. ekor/tulang taju pedang (processusxiphoideus) yang berupa tulang rawan, terletak di bagian bawah.

3. Tulang Rusuk
Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang. Tulang rusuk dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut.
a. Tulang rusuk sejatiberjumlah tujuh pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang, sedangkan ujung depan melekat pada tulang dada.
b. Tulang rusuk palsuberjumlah tiga pasang. Ujung belakang melekat pada tulang belakang dengan ujung depan melekat pada tulang rusuk di atasnya.
c. Tulang rusuk melayangberjumlah dua pasang.
Ujung belakang melekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depan bebas tidak melekat.

4. Ruas-ruas Tulang Belakang
Ruas-ruas tulang belakang (vertebrae) terdiri atas 33 buah ruas tulang yang terbagi menjadi beberapa bagian yang tidak beraturan.
Ruas-ruas tulang belakang berfungsi untuk menegakkan badan dan menjaga keseimbangan. menyokong kepala dan tangan, dan tempat melekatnya otot, rusuk dan beberapa organ.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :