10/13/16

Sel Eukariotik (Pengertian dan Bagian-bagiannya)

Admin Perpusku
Loading...

Struktur sel dibagi menjadi struktur sel prokariotik dan eukariotik. Setiap organisme tersusun dari salah satu tipe struktur sel tersebut, yaitu prokariotik atau eukariotik. Sel prokariotik hanya terdapat pada kingdom atau dunia Monera, dunia Archaebacteria (Archae), dan dunia Eubacteria (Bacteria). Adapun dunia Animalia, Plantae, Fungi, dan dunia Protista mempunyai struktur sel eukariotik.
Gambar Sel EukariotikPengertian Sel Eukariotik
Apa yang dimaksud dengan sel aeukariotik? Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti. Selain itu, sel eukariotik memiliki sistem endomembran, yaitu memiliki organel-organel bermembran seperti retikulum endoplasma, kompleka golgi, mitokondria, dan lisosom. Sel eukariotik juga memiliki sentriol. Berikut ini adalah struktur sel eukariotik.
Bagian-bagian Sel Eukariotik
a. Membran Sel (Selaput Plasma)
Membran sel merupakan bagian terluar sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan luar. Membran sel merupakan selaput selektif permeabel, artinya hanya dapat dilalui molekul-molekul tertentu seperti glukosa, asam amino, gliserol, dan berbagai ion.
Fungsi membran sel adalah:
1. Sebagai reseptor (penerima) rangsang dari luar, seperti hormon dan bahan kimia lain, baik dari lingkungan luar maupun dari bagian dalam organisme itu sendiri.
2. Melindungi agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.
3. Mengontrol zat-zat yang boleh masuk dan keluar sel. Hal inilah yang menyebabkan membran plasma bersifat semipermeabel (selektif permeabel).
4. Sebagai tempat terjadinya kegiatan biokimiawi seperti reaksi oksidasi dan respirasi.

b. Sitoplasma
Sitoplasma adalah materi yang mengisi sel antara inti ddan selaput plasma. Sitoplasma yang berada dalam nukleus disebut nukleoplasma. Pada sel tumbuhan, sitoplasma dibedakan menjadi dua, yaitu yang berbatasan dengan selaput  plasma disebut ektoplasma dan yang di bagian dalam disebut endoplasma. Ektoplasma lebih jernih dan kompak. Ektoplasma pada sel hewan berupa selaput plasma itu sendiri. Endoplasma sel tumbuhan mengandung banyak plastida (zat warna).

c. Sitoskeleton
Sitoskeleton adalah  rangka sel yang tersusun atas tiga jenis serabut, yaitu mikrofilamen, mikrotubulus, dan filamen intermediar.


Gambar Nukleusd. Nukleus
Nukleus atau inti sel merupakan bagian terpenting sel yang berperan sebagai pengendali kegiatan sel. Nukleus merupakan organel terbesar yang berada dalam sel. Nukleus berdiameter sekitar 10 nanometer. Nukleus biasanya terletak di tengah sel dan berbentuk bulat atau oval.

e. Retikulum Endoplasma
Retikulum endoplasma adalah organel yang tersusun oleh membran yang terbentuk seperti jala. Retikulum berasal dari kata reticular yang berarti anyaman benang atau jala.

f. Ribosom
Merupakan struktur paling kecil yang tersuspensi dalam sitoplasma dan terdapat di sel eukariotik maupun prokariotik. Pada sel aukariotik, ribosom terdapat bebas dalam sitoplasma atau terikat Rekulum Endoplasma.

g. Kompleks Golgi
Kompleks golgi atau golgi apparatus adalah organel utama yang berfungsi untuk mengangkut protein dan lemak dalam sel.Biasanya digambarkan sebagai organel yang menyerupai tumpukan roti pita.

h. Lisosom
Lisosom berasal dari kata lyso = pencernaan dan soma = tubuh, merupakan membran kantong kecil berisi enzim hidrolitik yang disebut lisozim.

i. Badan Mikro
Badan mikro adalah organela berukuran kecil berisi enzim katalase dan oksidase. Badan mikro ada dua jenis, yaitu peroksisom dan glioksisom. Peroksisom terdapat pada sel hewan, fungi, dan daun tanaman tingkat tinggi. Gioksisom terdapat pada sel tanaman.

j. Mitokondria
Mitokondria adalah organel yang terdapat pada sitoplasma dan menghasilkan energi untuk sel. oleh karena itu mitokondria sering disebut sebagai the power house of cell. Mitokondria dibatasi dua lapis membran yang kuat, fleksibel, dan stabil, serta tersusun atas lipoprotein.

k. Kloroplas
Kloroplas merupakan organel yang terdapat pada tumbuhan dan organisme eukariotik yang mengandung klorofil. Kloroplas memungkinkan terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan. Sehingga tumbuhan dapat mengubah sinar matahari menjadi energi.

l. Sentriol
Setiap sel hewan dan beberapa mikroorganisme serta tumbuhan tingkat rendah mengandung dua sentriol dalam sitoplasma. Sentriol adalah organel yang membantu sel-sel membelah diri atau membuat salinan dirinya. Sentriol berfungsi dalam proses mitosis maupun meiosis.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :