10/9/16

Sumber Daya Alam, Pengertian & Jenis-jenisnya

Admin Perpusku
Loading...

Lingkungan berfungsi sebagi sumber daya yang mendukung hidup dan kehidupan manusia. Berbagai macam sumber daya alam tersedia di sekitar kita. Tinggi rendahnya penghargaan terhadap suatu sumber daya tergantung dari kebutuhan orang yang memerlukannya. Kegunaan sumber daya alam ditentukan oleh kebutuhan manusia dan kemauan serta kemapuan manusia untuk mengusahakannya. Sumber daya ada untuk memenuhi segala kebutuhan fisik manusia.

Sumber Daya Alam Dapat Diperbarui dan Tidak Dapat Diperbarui
Pengertian Sumber Daya Alam
Sumber daya adalah segala sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai di dalam kondisi di mana kita menemukannya. Sesuatu yang belum diketahui menfaatnya tidak dapat dikatakan sebagai sumber daya karena tidak mempunyai nilai. Sebaliknya, sesuatu yang meskipun ada gunanya tetapi tersedia dalam jumlah yang relatif besar dibanding dengan permintaan, juga bukan merupakan sumber daya. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam sekitar yang merupakan hasil bentukan alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kelestarian, terbentuknya, dan nilai ekomomisnya.

Berdasarkan Kelestarian Pemanfaatannya
1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang jika digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu tertentu akan kembali seperti sediakala dan dapat digunakan lagi untuk diambil manfaatnya.
Contoh Sumber daya alam yang dapat diperbarui: air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.
2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu jika digunakan secara terus-menerus, maka lama-kelamaan akan habis dan tidak dapat dihasilkan sendiri oleh manusia.
Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: mineral logam, mineral bukan logam, dan mineral penghasil energi.

Berdasarkan Proses Terbentuknya

Menurut proses terbentuknya sumber daya alam dapat digolongkan menjadi 3 jenis.
1. Sumber Daya Biotik
Sumber daya biotik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses kehidupan seperti tumbuh dan berkembang biak, misalnya tumbuh-tumbuhan dan hewan.
2. Sumber Daya Fisik
Sumber daya fisik adalah sumber daya yang terbentuk karena adanya proses fisik dan kekuatan alamm, misalnya tanah, air, udara dan barang-barang tambang.
3. Sumber Daya Alam Lingkungan
Yaitu sumber daya perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik yang dapat memebentuk suatu lingkungan tertentu, misalnya lingkungan pegunungan, lembah, pantai, gunung berapi, dan panorama alam yang lain.

Berdasarkan Nilai Kegunaan
Berdasarkan nilai guna atau ekonomisnya, sumber daya alam dibedakan menjadi tiga jenis.
1. Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi
Sumber daya alam ini didapatkan dengan biaya tinggi. Contohnya: mineral logam mulia seperti emas, perak, dan intan.
2. Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah
Cara mendapatkannya dengan biaya relatif murah dan tersedia dalam jumlah cukup banyak. Contoh: pasir, batu, gamping.
3. Sumber Daya Alam Non-Ekonomis
Didapatkan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali atau dengan kata lain tanpa pengorbanan serta tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Contoh: udara, sinar matahari, dan angin.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :