1/16/17

Liken dan Mikoriza, Pengertian serta Peranan Simbion Penyusunnya

Admin Perpusku
Loading...

Definisi Liken dan Mikoriza
Liken (lichens) juga disebut dengan lumut kerak. Liken (lichens) adalah bentuk simbiosis mutualisme antara Algae dengan Fungi. Fungi yang bersimbiosis biasanya dari golongan Ascomycotina, Basidiomycotina, dan Deuteromycotina. Adapun organisme fotosintetik yang terlibat dalam fotosintesis yaitu Cyanobacteria atau Algae hijau uniseluler. Struktur tubuh liken berbentuk talus, bagian luar merupakan miselium, dan bagian dalam tersusun atas hifa. Di antara miselium dan hifa jamur terdapat sel-sel Algae.
Mikoriza Liken
Mikoriza adalah jamur yang bersimbiosis dengan akar tumbuh-tumbuhan. Simbiosis tersebut  bersifat saling menguntungkan, yaitu jamur memperoleh zat organik dan akar tumbuh-tumbuhan memperoleh air dan unsur hara. Beberapa jamur Zygomycotina, Ascomycotina, dan Basidiomycotina dapat bersimbiosis dengan akar tumbuhan pinus atau belinjo. Berdasarkan kedalaman jaringan tumbuhan yang digunakan, mikoriza digolongkan menjadi dua yaitu ektomikoriza dan endomikoriza.

Peranan Masing-masing Simbion Penyusun Liken dan Mikoriza
Simbion penyusun mikoriza adalah jamur (fungi) dengan sitem perakaran tingkat tinggi yang bersimbiosis dengan rizoid (akar semu). Secara khusus fungi yang memiliki tingkat perakaran yg tinggi dapat menyerap nutrisi yg diperlukan untuk proses fotosintesis tetapi tidak dapat berfotosintesis dengan sempurna jadi dia memerlukan alga utk melakukan proses fotosintesis.

Sedangkan simbion liken (lichens) merupakan gabungan antara fungi dan alga sehingga secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan. Fungi bertugas sebagai tanaman yg berguna dlm proses fotosintesis sedangkan alga berfungsi utk penyerapan nutrisi tanah yg berguna dlm proses fotosintesis.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :