1/16/17

Mengapa Sebagian Besar Anggota Deuteromycotina Dikatakan Merugikan?

Admin Perpusku
Loading...

Deuteromycota adalah jamur yang belum di ketahui cara reproduksi seksualnya, sehingga reproduksi jamur ini dilakukan secara aseksual dengan membentuk konidia seperti pada jamur Ascomycota. Nama lain Deuteromycota adalah fungi imperfecti atau jamur tidak sempurna. Dinamakan fungi imperfecti karena perkembangbiakan generatif pada jamur ini belum diketahui secara pasti.
Deuteromycotina
Jika anggota jamur Deuteromycota sudah ditemukan secara reproduksi seksualnya, ia dimasukkan kedalam divisi yang berbeda. Sebagai contoh adalah jamur oncom (Monilia sitophila). Dahulu, jamur tersebut termasuk dalam filum Deuteromycota.Namun setelah diketahui bahwa jamur ini dapat membentuk askospora, jamur tersebut dimasukkan ke dalam divisi Ascomycota dengan nama Neurospora crassa. Contoh lainnya adalah Aspergillus dan Penicillium.Beberapa anggota aspergillus dan penicillium ada yang termasuk divisi Deuteromycota, sementara anggota lainnya termasuk divisi Ascomycota.

Sebagian Besar Anggota Deuteromycota Bersifat Merugikan
Mengapa sebagian besar anggota deuteromycota dikatakan merugikan? Karena kebanyakan jamur deuteromycota merupakan perasit yang dapat menimbulkan penyakit baik pada manusia, hewan, ataupun tumbuhan.
Contoh anggota Deuteromycota yang merugikan, antara lain Chladosporium penyebab penyakit kulit, Trichophyton dan Epudermophyton penyebab penyakit kulit dan kuku, serta Microsporium penyebab penyakit rambut dan kuku.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :