1/15/17

Pengertian Hidroid dan Leptoid serta Fungsinya

Admin Perpusku
Loading...

Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan darat yang masih sederhana karena akar, batang dan daunnya masih belum jelas dibedakan hanya saja memiliki akar, batang daun yang dianggap menyerupai. Sehingga para ahli ada yang menggolongkannya kedalam kelompok tumbuhan bertalus atau Thallophyta dan sebagian ahli mengklompokannya kedalam tumbuhan Kormophyta.
 Seperti akarnya berupa rizoid berfungsi melekatkan tubuhnya dan menyerap zat-zat hara. Batangnya belum terdiferensiasi menjadi epidermis, dan jaringan pengangkut sehingga jaringan pengangkutnya berupa hidroid dan leptoid yang memiliki fungsi seperti xilem dan floem. Karena tidak memiliki xilem dan floem pengangkutan air kedalam tubuh lumut melalui cara imbibisi.

Apakah yang dimaksud dengan hidroid dan leptoid? Dan apakah fungsi keduanya?
Hidroid adalah jaringan vaskular yang terdapat pada tumbuhan lumut. Fungsi hidroid adalah megangkut air dan garam-garam mineral dari tanah ke seluruh bagian tubuh lumut.
Leptoid adalah sel korteks berdinsing tipis yang membentuk kumpulan benang dan menonjol ke dalam tabung bagian tengah rimbang pada lumut-lumutan. Fungsi leptoid adalah mengangkut makanan (hasil metabolisme).

Jadi, kesimpulannya adalah hidroid dan leptoid merupakan jaringan vaskular (pengangkut) yang memliki tugas sama seperti xilem dan floem pada tumbuhan lain.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :