1/23/17

Teori Biogenesis

Admin Perpusku
Loading...

Pengertian Biogenesis
Biogenesis adalah suatu teori yang mengemukakan bahwa asal kehidupan suatu makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula. Teori biogenesis berhasil mematahkan teori abiogenesis atau Generatio Spontanea (kehidupan berasal dari materi mati) yang telah muncul sebelumnya.
Teori Biogenesis
Pendukung Teori Biogenesis
Teori biogenesis ini didukung oleh tokoh-tokoh Biologi lain, seperti berikut.
1. Fransisco Redi
Francisco Redi adalah seorang ilmuwan pendukung teori biogenesis berkebangsaan Italia, ia merupakan orang pertama yang membantah teori Generatio Spontanea. Ia melakukan eksperimen untuk mendapat fakta yang benar. Perangkat percobaan Francesco Redi menggunakan daging segar yang diletakkan di dalam tiga tabung. Perlakuan tabung I ditutup rapat, tabung II ditutup kain kasa dan tabung III tidak ditutup dan dibiarkan terbuka.

Setelah beberapa hari Francisco Redi mendapatkan hasil eksperimen. Ternyata botol tabung I tidak ada mikroba, tabung II terdapat sedikit mikroba, dan tabung III terdapat banyak mikroba. Dari hasil eksperimen ini Francisco Redi kemudian membuat kesimpulan bahwa mikroba yang berupa belatung yang terdapat pada daging tersebut berasal dari telur-telur lalat yang ditinggalkan pada saat lalat tersebut mengerumuni daging yang membusuk.

2. Lazzaro Spallanzani
Lazzaro Spallanzani adalah seorang tokoh pendukung teori biogenesis dari Italia. Ia melakukan kegiatan eksperimen pada tahun 1765, untuk menentang teori Nedham. Spallanzani mengadakan pembuktian dengan air kaldu yang ditempatkan di dalam 3 tabung berbeda. Hasil percobaannya sama dengan Francisco Redi, yaitu makhluk hidup berasal dari sesuatu yang hidup. Spallanzani menjelaskan bahwa kegagalan percobaan Nedham karena Nedham tidak merebus tabung cukup lama sampai semua organisme terbunuh dan Nedham juga tidak menutup leher tabung dengan rapat sehingga masih ada organisme yang masuk dan tumbuh.

3. Louis Pasteur
Louis Pasteur adalah seorang ilmuwan yang dianggap sebagai pencetus teori biogenesis. Ia melakukan percobaan pada tahun 1864. Tujuan percobaan Pasteur adalah untuk menguji dan memperbaiki percobaan dari Redi dan Spallanzani. Pasteur membuat labu berleher angsa, yang agak tertutup namun masih dapat berhubungan dengan udara. Prinsip tabung ini adalah udara dapat masuk ke dalam tabung, tapi debu akan menempel pada lengkungan leher tabung.

Percobaan yang dilakukan oleh Pasteur adalah merebus kaldu hingga mendidih kemudian kaldu tersebut didiamkannya beberapa saat di dalam tabung leher angsa. Setelah beberapa hari, bakteri tidak tumbuh pada kaldu tersebut, tetapi beberapa hari kemudian air kaldu sudah ditumbuhi bakteri. Dari teori Pasteur inilah maka teori abiogenesis (Generatio spontanea) tumbang. Sehingga disimpulkan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula.

Semboyan Teori Biogenesis
Berdasarkan hasil percobaan para ilmuwan tersebut maka muncullah teori baru yaitu teori Biogenesis yang menyatakan bahwa:
a. Omne vivum ex ovo = setiap makhluk hidup berasal dari telur
b. Omne ovum ex vivo = setiap telur berasal dari makhluk hidup
c. Omne vivum ex vivo = setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya

Dan dengan demikian, Louis Pasteur telah membuktikan bahwa teori biogenesis lah yang benar, sekaligus meruntuhkan teori abiogenesis.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :