2/5/17

Manfaat Mempelajari Sosiologi

Admin Perpusku
Loading...

Sosiologi adalah pengetahuan yang relative baru dibandingkan denganilmu-ilmu social lainnya .Sosiologi mempelajari banyak mempelajaritentang masyarakat dan kegiatan yang ia lakukan.
Masyarakatadalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan,memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusiadengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun darihasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Manfaat Mempelajari Sosiologi
Sebagai salah satu keilmuan yang dipelajari, sosiologi memberikan banyak sekali manfaat. Diantara menafaat-manfaat yang didapat dari  mempelajari sosiologi adalah sebagai berikut.
1. Sosiologi memberikan pengetahuan tentang individu, kelompok, dan masyarakat.
2. Sosiologi menjelaskan mengenai interaksi sosial, sosialisasi, lapisan-lapisan dalam masyarakat, struktur sosial, dan perubahan sosial.
3. Sosiologi memberi pengetahuan tentang tindakan dan perilaku sosial individu di dalam masyarakat.
4. Manfaat sosiologi lainnya adalah memberi pemahaman tentang nilai-nilai dan norma-norma sosial, tradisi, keyakinan, tata sosial, ketidakteraturan sosial, dan stratifikasi sosial.
5. Memberikan pengetahuan tentang budaya masyarakat lain, termasuk karakter suku bangsa serta ciri-ciri suku bangsa secara umum.
6. Sosiologi memberi pengertan agar dapat memahami perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat guna menghindari atau memecahkan konflik yang terjadi

Dengan mendapatkan manfaat-manfaat sosiologi diatas tentu seseorang yang terjun dalam dunia kemasyarakatan tidak akan gagap dan gugup dalam menghadapi dinamika masyarakat.Tantangangan globalisasi dan modernisasi akan mampu diantisipasi dengan menerapkan sosiologi dalam kehidupan sosial.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :