1/1/16

Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Perpusku
Loading...

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Suatu Molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Berdasarkan jenis atom penyusunnya, molekul terbagi menjadi dua jenis, molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur adalah molekul yang terbentuk dari satu jenis atom saja. Contohnya adalah oksigen. Sedangkan molekul senyawa adalah molekul yang tersusun atas lebih dari satu jenis atom. Contoh molekul senyawa adalah air yang mempunyai rumus kimia H2O.
Selain molekul unsur dan molekul senyawa, ada juga molekul monoatomik, diatomik dan poliatomik. 

Monoatomik Diatomik Poliatomik
Pengertian Molekul Monoatomik
Molekul monoatomik adalah ion yang terbentuk dari atom tunggal. Ion dengan muatan positif, seperti natrium (Na+) yang kation. Dan ion dengan muatan negatif, seperti klorin (Cl–) yang anion. Ion monoatomik juga dikenal sebagai ion sederhana

Ion terbentuk dengan memperoleh atau kehilangan elektron. Dalam atom netral, jumlah proton dan elektronnya sama. Ion yang memperoleh atau kehilangan elektron menghasil muatan listrik positif atau negatif. Ion terbentuk dalam beberapa cara. Senyawa ionik yang larut dalam air terdisosiasi menjadi kation dan anion dalam larutan. Ion terbentuk ketika atom dibombardir dengan radiasi. Ketika senyawa ionik tertentu mencair, ion terbentuk di cairan.

Pengertian Molekul Diatomik
Molekul diatomik yaitu molekul yang mengandung hanya dua atom saja. Contohnya hidrogen (H2), nitrogen (N2), oksigen (O2), serta unsur unsur golongan VIIA, yaitu fluorin (F2), klorin (CI2), bromin (Br2), dan iodin (I2). Suatu molekul diatomik juga dapat mengandung atom atom dari unsur yang berbeda misalnya hidrogen klorida (HCI) dan karbon monoksida (CO).

Pengertian Molekul Poliatomik
Molekul poliatomik adalah molekul yang mengandung lebih dari dua atom. Atom atom itu dapat berasal dari unsur yang sama misalnya ozon (O3) atau gabungan dua atau lebih unsur misalnya air (H2O), amonia (NH3) dan urea (NH4).

Selain mampu membentuk molekul diatomik, beberapa unsur bukan logam juga mampu membentuk molekul poliatomik (molekul unsur yang tersusun atas tiga buah atau lebih atom). Misalnya ozon (O3) merupakan molekul yang tersusun atas tiga buah atom unsur oksigen. Adapun belerang mampu membentuk molekul unsur yang tersusun atas 8 atom belerang (S8).


Silakan Tinggalkan Komentar Anda :