12/7/15

Jenis-jenis Alat Pernapasan pada Makhluk Hidup

Admin Perpusku
Loading...

Setiap makhluk hidup selalu bernapas. Bernapas adalah proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Oksigen digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi biologis. Proses oksidasi menghasilkan energi yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Sedangkan sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dihembuskan ketika bernapas.

Stomata

Makhluk hidup bernapas menggunakan alat-alat pernapasan yang berbeda-beda. Beberapa alat pernapasan pada makhluk hidup adalah sebagai berikut:

1. Paru-paru
Contoh makhluk hidup yang bernapas dengan paru-paru adalah: manusia, kera, kucing, dll

2. Insang
Contohnya makhluk hidup yang bernapas dengan insang adalah:ikan

3. Kulit dan Paru-paru
Contoha makhluk hidup yang bernapas dengan kulit dan paru-paru adalah: katak

4. Pundi Udara dan Paru-paru
Contoh makhluk hidup yang bernapas dengan pundi udara dan paru-paru adalah: burung

5. Trakea
Contoh makhluk hidup yang bernapas dengan trakea adalah: belalang

6. Paru-paru Buku
Contoh makhluk hidup yang bernapas dengan paru-paru buku adalah: laba-laba

Untuk membuktikan bahwa makhluk hidup selalu membutuhkan udara dapat dilakukan dengan cara memasukkan hewan kecil ke dalam wadah yang kedap udara. Setelah dibiarkan beberapa saat, maka hewan itu akan amti karena kehabisan oksigen.

Apakah tumbuhan bernapas? Tentu saja. Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan juga harus bernapas guna mengambil oksigen dari udara bebas. Namun tumbuhan tidak mempunyai alat pernapasan khusus seperti pada manusia dan hewan. TUmbuhan mengambil oksigen dari udara bebas melalui stomata dan lentisel. Stomata atau mulut daun merupakan lubang-lubang kecil di permukaan bawah daun, sedangkan lentisel merupakan lubang-lubang pada batang bergabus.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :