12/22/15

Jenis-jenis Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Admin Perpusku
Loading...

Bakteri yang menguntungkan manusia sering disebut bakteri baik atau dikenal juga sebagai probiotik. Bakteri baik tidak hanya berguna bagi kesehatan manusia, tetapi juga sangat penting bagi kehidupan. Pupuk organik yang kita gunakan diuraikan oleh bakteri, sehingga tanaman bisa menyerap pupuk tersebut. Tumbuhan yang membusuk dan hewan yang mati juga diuraikan oleh bakteri. Bakteri-bakteri di dalam tanah mengikat nitrogen, membuat tanah menjadi subur. Bakteri baik juga membantu pembentukan yogurt pada susu.

Jenis-jenis Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Beberapa jenis bakteri baik adalah sebagai berikut:
1. Lactobacillus
Diperkirakan ada lebih dari 80 spesies Lactobacillus probiotik. Salah satunya adalah acidophilus, bakteri baik yang paling sering digunakan. Lactobacillus acidophilus atau juga disebut L. acidophilus, berada dalam usus manusia, di mana ia membantu dalam pencernaan makanan. Sebagai bagian dari proses pencernaan, L. acidophilus menghasilkan asam laktat dan hidrogen peroksida, yang menciptakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri berbahaya. Salah satu cara untuk mendapatkan L. acidophilus adalah dengan makan yoghurt yang mengandung probiotik ini.

2. Bifidobacterium
Salah satu dari probiotik ini adalah Bifidobacterium bifidum yang membantu manusia untuk mengobati sakit maag disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Probiotik lain dalam genus ini, Bifidobacterium breve, juga berguna dalam pengobatan sembelit pada anak-anak. Spesies lain dari genus ini, Bifidobacterium animalis juga digunakan dalam mengobati iritasi pada usus besar dan sembelit kronis.

3. Streptococcus
Probiotik Streptococcus thermophilus adalah bakteri pembantu proses pembuatan yogurt, keju mozzarella dan produk susu fermentasi lainnya. Bakteri ini juga menghilangkan kram perut, diare, mual dan gejala gastrointestinal lain yang terkait dengan intoleransi laktosa. Probiotik lain dalam genus Streptococcus, Streptococcus salivarius, dapat memperbaiki gejala halitosis, istilah medis untuk bau mulut.

4. Rhizobia
Rhizobium etli, Bradyrhizobium spp., Azorhizobium spp., dan jenis-jenis bakteri rhizobia lainnya sangat berguna bagi kesuburan tanah. Bakteri-bakteri ini mengikat nitrogen dan amoniak ke dalam tanah, sehingga bisa menyuburkan tanaman dan dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan.

5. Escherichia coli
E. coli membantu dalam pemecahan gula monosakarida, dengan demikian bakteri ini membantu pencernaan pada manusia. Bakteri ini memproduksi vitamin K dan biotin (vitamin B7) yang penting bagi kesehatan seperti meningkatkan metabolisme, pemeliharaan jaringan, kulit yang sehat, dan penurunan berat badan.

6. Streptomyces
Streptomyces adalah bakteri yang membantu metabolisme banyak senyawa seperti gula, alkohol, asam amino dan senyawa aromatik dengan memproduksi enzim hidrolitik ekstraseluler. Streptomyces juga berperan penting dalam kesehatan dan industri karena Streptomyces juga berperan penting dalam pembuatan antibiotik. Lebih dari 50 antibiotik tercipta dari spesies Streptomyces ini.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :