12/7/15

Perkembangbiakan Hewan (Generatif, Vegetatif, Ovipar, Vivipar, & Ovovivipar)

Admin Perpusku
Loading...

Makhluk hidup melakukan proses perkembangbiakan untuk mempertahankan jenisnya supaya tidak punah dengan menghasilkan keturunan yang baru. Secara garis besar, perkembangbiakan makhluk hidup dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.

1. Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan secara kawin, yaitu perkembangbiakan yang melibatkan pertemuan antara sel kelamin jantan (sel sperma) dengan sel betina (sel telur). Pada manusia dan hewan, sel sperma dihasilkan oleh testis dan sel telur dihasilkan oleh ovarium. Sedangkan alat perkembangan tumbuhan terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina). Peristiwa jatuhnya serbuk sari dari benang sari ke kepala putik disebut penyerbukan.

2. Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembang biakan Vegetatif adalah perkembangbiakan secara tidak kawin atau perkembangbiakan yang hanya membutuhkan satu individu saja, karena tidak tidak diketahui jenis kelaminnya. Perkembangbiakan vegetatif pada hewan, misalnya dengan membentuk tunas pada ubur-ubur. Sedangkan perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan adalah dengan cara:
a. tunas, contohnya adalah pisang
b. umbi lapis, contohnya adalah  bawang merah
c. umbi akar, contohnya adalah a wortel
d. umbi batang, contohnya adalah  kentang
e. cangkok
f. okulasi
g. setek daun, contohnya adalah cocor bebek

Berdasarkan cara melahirkan anak, perkembangbiakan hewan dapat dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Ovipar
Ovipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Pembuahan dapat terjadi di dalam tubuh (internal) maupun di luar tubuh (eksternal).
Contoh hewan ovipar internal: ayam, burung, bebek
Contoh hewan ovipar eksternal: ikan, kodok

2. Vivipar
Vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Sebenarnya hewan yang melahirkan juga menghasilkan telur. Tetapi telur tersebut tidak dibungkus oleh cangkang dan tidak dikeluarkan dari tubuh. Saat terjadi perkawinan, sperma hewan jantan akan membuahi telur di rahim hewan betina. Telur yang telah dibuahi disebut zigot, yaitu calon individu baru (embrio).
COntoh hewan vivipar: sapi, kucing, harimau, kerbau, kera

3. Ovovivipar
Ovovivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan. Perkembangan ini diawali dengan bertelurnya hewan betina di dalam tubuhnya. Telur tersebut kemudian akan dibuahi sel sperma yang dihasilkan hewan jantan. Pembuahan menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi embrio di dalam telur. Embrio tersebut akan menetas di dalam tubuh hewan betina. Selanjutnya, bayi dari hasil penetasan dalam tubuh akan dikeluarkan hewan betina seperti proses melahirkan.
Contoh hewan ovovivipar: ular boa, kadal, hiu

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :