1/10/16

Macam-macam Teknik Pemisahan Campuran

Admin Perpusku
Loading...

Macam-macam Teknik Pemisahan Campuran - Sebagian besar senyawa kimia di alam ini ditemukan dalam keadaan yang  tidak  murni. Biasanya,  suatu  senyawa  kimia  berada  dalam  keadaan tercampur  dengan  senyawa  lain.  Untuk  beberapa  keperluan  seperti  sintesis senyawa  kimia  yang  memerlukan senyawa  kimia murni atau proses produksi senyawa kimia dengan kemurnian tinggi, proses pemisahan perlu dilakukan. Teknik pemisahan campuran bergantung pada jenis, wujud, dan sifat komponen yang terkandung di dalamnya. Komponen yang berwujud padat dan cair misalnya pasir dan air, dapat dipisahkan dengan saringan. Sementara campuran homogen dapat dipisahkan dengan distilasi, ekstraksi, rekristalisasi, dan kromologi.

Beberapa  dasar  pemisahan  campuran  antara
lain adalah:
1. Ukuran partikel
2. Titik didih
3. Kelarutan
4. Pengendapan
5. Difusi
6. Adsorbsi

Teknik Pemisahan Campuran

Macam-Macam Teknik Pemisahan Campuran
Teknik pemisahan campuran yang dikenal antara lain filtrasi, sentrifugasi, evaporasi, destilasi, ekstraksi, adsorbsi, kromatografi, sublimasi, dan kristalisasi.

1. Filtrasi (Penyaringan)
Filtrasi adalah proses pemisahan campuran heterogen yang mengandung cairan dan partikel-partikel padat dengan menggunakan media filter yang hanya meloloskan cairan dan menahan partikel-partikel padat. COntoh proses filtrasi sederhana adalah proses penyaringan dengan menggunakan media filter kertas saring.

Proses filtrasi dapat dibedakan berdasarkan adanya tekanan dan tanpa tekanan. Proses pemisahan dengan tekanan, umunya dengan cara divakumkan (disedot dengan pompa vakum). Proses pemisahan dengan teknik ini sangat tepat dilakukan, jika jumlah partikel padatnya lebih besar dibandingkan dengan cairannya.

2. Sentrifugasi
Sentrifugasi adalah  adalah proses yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk sedimentasi campuran dengan menggunakan mesin sentrifuga atau pemusing.

3. Evaporasi (Penguapan)
Penguapan adalah pemisahan campuran dengan cara menguapkan pelarut (air) dalam campuran tersebut. Misalnya air garam diletakkan dalam suatu wadah lalu dipanaskan. Air akan menguap sementara garam akan tertinggal. Proses pemisahan dengan cara penguapan ini dapat terjadi karena zat terlarut (garam) memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada zat pelarutnya.

4. Destilasi
Destilasi adalah merupakan teknik pemisahan campuran yang didasari atas perbedaan perbedaan titik didih atau titik cair dari masing-masing zat penyusun campuran homogen. Dalam proses pemisahan campuran ini terdapat dua tahap proses yaitu tahap penguapan dan dilanjutkan dengan tahap pengembangan kembali uap menjadi cair atau padatan. Atas dasar ini maka perangkat destilasi menggunakan alat pemanas dan pendingin.

5. Ekstraksi
Ekstraksi  merupakan  metode  pemisahan  dengan  melarutkan  bahan campuran  dalam  pelarut  yang  sesuai.  Dasar  metode  pemisahan  ini adalah kelarutan bahan dalam pelarut tertentu.

6. Adsorbsi
Adsorbsi adalah teknik pemisahan untuk membersihkan suatu bahan dari pengotornya dengan  cara penarikan  bahan  pengadsorbsi secara kuat sehingga menempel pada permukaan  bahan  pengadsorbsi. Metode ini dipakai untuk memurnikan air dari kotoran  renik  atau mikroorganisme,  memutihkan  gula  yang  berwarna  coklat pada proses produksi gula pasir.

7. Kromatografi
Kromatografi adalah teknik pemisahan campuran menjadi komponennya dengan bantuan perbedaan sifat fisik masing-masing komponen. Alat yang digunakan terdiri atas kolom yang di dalamnya diisikan fasa stasioner (padatan atau cairan).

8. Sublimasi
Sublimasi adalah perubaha wujud zat dari padat ke gas atau sebaliknya. Prinsip kerja pemisahan campuran sublimasi secara umum adalah memisahkan zat yang mudah menyublim dengan sebuah sublimator sehingga menjadi gas/uap. Biasanya gas yang dihasilkan proses pemisahan ini akan ditampung lalu didinginkan (dikondensasi) kembali.

9. Kristalisasi
Kristalisasi merupakan salah satu teknik pemisahan campuran dari komponen-komponen lain penyusunnya. Kristalisasi ada dua macam, yaitu kristalisasi penguapan dan kristalisasi pendinginan.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :