1/4/16

Pengertian Zat dan Sifat-sifat Zat

Admin Perpusku
Loading...

Apakah zat itu? dalam disiplin ilmu biologi, fisika, dan kimia, pengertian zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Menurut bentuknya, zat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Semua jenis zat tersebut memiliki beberapa sifat yang sama, yaitu memiliki massa jenis dan menempati ruang. Tetapi selain memiliki kesamaan sifat, zat-zat juga memiliki perbedaan dalam susunan dan gerak partikelnya.

Susunan dan Gerak Partikel pada Berbagai Zat
Susunan Molekul

Zat Padat
Sifat-sifat zat padat adalah sebagai berikut.
a. Susunan molekul pada zat padat tersusun secara teratur.
b. Letak molekul-molekulnya sangat berdekatan.
c. Memiliki gaya tarik- menarik antar molekul yang sangat kuat sehingga gerak molekulnya tidak bebas. Oleh karena itu, molekul zat padat sulit dipisahkan dan memiliki bentuk serta voluma yang tetap.

Zat Cair
Sifat-sifat zat cair adalah sebagai berikut.
a. Susunan molekulnya tidak teratur.
b. Letak molekulnya berdekatan.
c. Gerak molekul pada zat cair lebih bebas daripada zat padat. Oleh karena itu, molekul zat cair mudah berpindah tempat, tetapi tidak mudah meninggalkan satuannya. Akibatknya, zait cair memiliki bentuk yang dapat berubah-ubah, tetapi memiliki volume yang tetap.

Zat Gas
Sifat-sifat zat gas adalah sebagai berikut.
a. Susunan molekulnya tidak teratur
b. Letak molekul-molekul pada zat gas saling berjauhan sehingga dapat dimampatkan.
c. Geras molekulnya sangat bebas sehingga gas bersifat dapat memenuhi seluruh ruangan dan memiliki bentuk serta voluma yang tidak tetap.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :