5/25/16

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Admin Perpusku
Loading...

Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.
Diungkapkan pula modernisasi merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang sekarang ini. Tingkat teknologi dalam membangun modernisasi betul-betul dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Modernisasi memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif modernisasi dan dampak negatif modernisasi tersebut adalah sebai berikut.
Dampak Positif Modernisasi
1. Cara Berlomunikasi dan mencari informasi semakin mudah didapat, sehingga ilmu pengetahuan menjadi cepat berkembang untuk diterapkan
2. Tidak ada batasan antar negara, karena jalur atau akses untuk berkomunikasi yang semakin canggih
3. Pembangunan yang terus berkembang di Indonesia dapat merubah perekonomian Indonesia dan mencapai tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil, maju, dan makmur. Hal tersebut diharapkan akan mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera baik batin, jasmani dan rohani. 
4. Perubahasan Tata Nilai dan Sikap
Adanya modernisasi dalm budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikapmasyarakat yang semua irasional menjadi rasional.b.
5. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
Dengan berkembangnya IPTEK masyarakat menjadi lebih mudah dalamberaktivitas.c.
6. Tingkat Kehidupan yang Lebih Baik 
Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dantransportasi yang canggih merupakan salah satu uasaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif Modernisasi
1. Sikap Individualisme akan muncul karena interaksi sosialdengan sesama akan terabaikan dengan teknologi
2. Perilaku menyimpang akan mudah dilakukan memanfaatkan media
3. Untuk anak muda yang memanfaatkan media teknologi untuk hal yang negatif
4. Gaya hidup modern menjadikan perilaku anak muda banyak menghabiskan waktu untuk berfoya-foya maupun berhura-hura dan melakukan hal-hal yang negatif lainnya
5. Gaya Hidup Kebarat-baratan
Tidak semua budaya baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormatkepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain
6. Kesenjangan Sosial
Apabila ada suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individuyang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :