5/23/16

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Admin Perpusku
Loading...

Selain melakukan mobilitas sosial , setiap manusia melakukan perubahan-perubahan selama hidupnya.  Perubahan-perubahan yang terjadi dapat berupa perubahan yang menarik perhatian atau pun tidak. Bahkan, beberapa perubahan dalam masyarakat terjadi begitu saja tanpa kita sadari, tetapi  berlangsung secara terus-menerus. Oleh sebab itu, perubahan sosial merupakan gejala yang melekat pada setiap masyarakat. Artinya, dimana ada masyarakat, disana ada pula perubahan sosial berlangsung.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan Sosial adalah perubahan yang terjadi akibat ketidaksesuaian di antara unsur-unsur sosial yang saling berbeda sehingga terjadi keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.

Beberapa ahli sosiologi mendefinisikan perubahan sosial menurut pandangannya masing-masing. Berikut ini adalah definisi perubahan sosial yang dikemukakan oleh para ahli sosiologi :

John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin
Menurut John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin, perubahan Sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang diterima,akibat adanya perubahan kondisi geografis,kebudayaan material,komposisi penduduk,ideologi,maupun karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat.

Samuel Koenig
Perubahan Sosial menurut Samuel Koenig menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi pada pola-pola kehidupan manusia.Modifikasi tersebut dapat terjadi karena sebab-sebab internal dan eksternal.

Selo Soemardjan
Selo Soemardjan berpendapat bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk didalamnya nilai,sikap,dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Dari beberapa definisi diatas,terlihat bahwa perubahan sosial mencakup hal-hal berikut:
- Perubahan pola-pola atau lembaga-lembaga kemasyarakatan
- Memengaruhi sistem sosial,termasuk struktur sosial masyarakat dan perwujudan kebudayaan
- Disebabkan oleh faktor dari dalam dan dari luar masyarakat itu sendiri.

Laju perubahan sosial pada masyarakat  berbeda-beda. Perubahan sosial pada masyarakat yang ada di perkotaan cenderung berlangsung lebih cepat daripada perubahan yang terjadi di kawasan pedesaan.

Dalam masyarakat terkadang kita melihat seolah-olah tidak terjadi perubahan. Padahal, perubahan sosial selalu terjadi meskipun mungkin sangat sedikit dan berjalan lambat. Masyarakat yang seperti ini dinamakan masyarakat statis. Sementara itu, masyarakat yang mengalami perubahan secara cepat dinamakan masyarakat dinamis.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :