1/23/17

Lembaga Ekonomi, Pengertian, Bagian-bagian, dan Fungsinya

Admin Perpusku
Loading...

Dalam upaya melangsungkan hidupnya, manusia selalu memerlukan barang dan kemudahan-kemudahan dalam melakukan sesuatu untuk tetap hidup dengan baik. Mereka memerlukan bahan makanan, minuman, pakaian, obat-obatan, sarana hiburan, sarana rekreasi, serta sarana-sarana lainnya. Jenis dan jumlah kebutuhan tersebut setiap saat bertambah, sedangkan sumber daya alam yang tersefia di bumi terbatas jumlahnya.


Lembaga Ekonomi, Pengertian, Bagian-bagian, dan Fungsinya

Pengertian Lembaga Ekonomi
Lembaga ekonomi adalah sistem norma atau kaidahyang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup.  Norma-norma dan nilai-nilai ini berguna sebagai pengatur bidang ekonomi atau pengatur cara-cara manusia memenuhi kehidupan primer maupun sekunder. Peraturan sosial dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup perlu ditegakkan agat tidak terjadi kekacauan sosial di masyarakat.

Bagian-bagian Lembaga Ekonomi
1. Bagian/unit produksi
Bagian produksi berhubungan dengan cara-cara bagaimana berbagai kebutuhan hidup itu dapat dipenuhi. Bagian produksi terbagi menjadi beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Berburu dan meramu
Kegiatan ini berlangsung pada masyarakat tradisional dengan pola hidup nomaden.
b. Bercocok tanam di ladang
Kegiatan produksi ini merupakan bentuk paling awal dari sistem pertanian.
c Bercocok tanam di lahan basah
Kegiatan  produksi ini dilakukan pada masyarakat yang telah menetap secara permanen.
d. Peternakan
Menangkap dan memelihara hewan-hewan ternak telah dilakukan sejak zaman dahulu, dan tetap dilakukan di zaman sekarang.
e. Perindustrian
Industri merupakan kegiatan produksi yang dilakukan oleh masyarakat modern. Pemenuhan barang kebutuhan dilakukan dengan mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi dan barang jadi.

2. Bagian/unit distribusi
Bagian unit distribusi berhubungan dengan cara-cara bagaimana berbagai kebutuhan hidup tersebut dapapt disampaikan kepada para pemakaianya. Kegiatan distribusi memiliki tiga cara, yaitu:
a. Resiprositas
Resiproitas adalah tertukaran barang dan jasa yang kira-kira sama nilai yang didapat antara kedua belah pihak.
Resiproitas ada tiga macam, yaitu:
- Resiprositas umum, yaitu cara tukar menukar barang yang terjadi pihak yang memberi dan yang menerima sama-sama terlihat saat terjadinya penyerahan barang.
- Resiprositas khusus, yaitu cara menukar barang yang terjadi antara pihak yang memberi dan yang menerima tidak berhadap-hadapan saat transaksi dilaksanakan.
- Resiprositas berimbang, yaitu cara tukar-menukar barang yang memberi dan yang menerima barang dapat menentukan nilai barang yang terlihat pada waktu penyerahan.

3. Bagian/unit konsumsi
Bagian unit konsumsi berhubungan dengan cara-cara bagaimana berbagai kebutuhan hidup itu dapat dipergunakan oleh masyarakat luas. Pada masyarakat yang masih sederhana, barang-barang kebutuhan yang biasanya diproduksi atau dikumpulkan dipergunakan di lingkungan mereka sendiri. Sedangkan pada masyarakat yang telah maju, hampir semua barang kebutuhan diperoleh melalui proses perdagangan dengan menggunakan alat tukar berupa uang.

Fungsi Lembaga Ekonomi
1. Mengubah cara mengatur dan memanfaatkan waktu.
2. Mengubah pola pemukiman

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :