10/4/16

Bagian Awal Laporan Ilmiah (Judul, Abstrak, Daftar Isi, Tabel, dan Gambar)

Admin Perpusku
Loading...

 Bagian Awal Laporan Ilmiah. Pada bagian awal laporan ini berisi informasi atau petunjuk tentang apa yang ada dalam laporan tersebut. Sebagai contoh adalah judul laporan. Berfungsi untuk memberikan informasi tentang penelitian apa yang disampaikan dalam laporan. Sedangkan  kata pengantar adalah sebuah informasi kepada siapa penulis laporan memberikan rasa terimakasihnya.
Bagian awal laporan berisi tentang beberapa hal, antara lain adalah: halaman judul, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar/ilustrasi/diagram.

Contoh Halaman Judul
Halaman Judul
Halaman judul merupakan kulit dari sebuah laporan penelitian. Halaman ini termasuk bagian yang paling penting dalam sebuah laporan penelitian, sebab pada halaman inilah judul dicantumkan secara jelas dan menonjol. Halaman judul menjadi petunjuk utama tentang isi dari penelitian. Halaman judul yang jelas dan menarik perhatian juga akan menggugah keinginan orang untuk lebih mengetahui isinya. Oleh karena itu, judul sebaiknya terdiri dari beberapa kata yang dapat memberikan indikasi tentang isi serta penekanan-penekanan yang ada dalam penelitian. Jadi, kata-kata yang dipilih untuk judulnya harus jelas dan sedapat mungkin menarik. Judul ditulis menggunakan huruf kapital dan berukuran paling besar dari semua huruf yang ada pada halaman ini. Pada halaman judul juga ditulis identitas penulis laporan dan lembaga tempat peneliti tersebut bernaung.

Abstrak
Abstrak merupakan gambaran singkat tentang isi keseluruhan laporan penelitian. Biasanya hanya berisi 200 hingga 300 kata saja (maksimal satu halaman).

Kata Pengantar
Di dalam kata pengantar, penulis membuat uraian pendek tentang penelitian yang dilakukannya. Pada bagian ini disajikan pernyataan-pernyataan tentang tujuan penulisan laporan, masalah-masalah yang dihadapi selama penelitian, siapa saja yang memberikan bantuan, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap ikut berperan dalam menyukseskan penelitiannya.

Daftar Isi
Daftar isi diperlukan agar pembaca dapat mengetahui bagian-bagian yang terdapat di dalam laporan, dan dapat melihat hubungan yang terjadi antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Daftar isi berisi judul dan halaman dari masing-masing bab, subbab, dan seterusnya yang dianggap perlu.

Daftar Tabel
Memuat daftar tabel-tabel yang terdapat dalam laporan penelitian tersebut.

Daftar Gambar

Memuat daftar gambar, ilustrasi, atau diagram yang terdapat dalam laporan penelitian.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :