2/16/17

Tujuan dan Fungsi Sosialisasi

Admin Perpusku
Loading...

Secara sosiologis sosialisasi dapat diartikan sebagai suatu proses sosial yang mana  seseorang belajar menghayati dan melaksanakan sistem nilai dan sistem norma yang berlaku  di tengah-tengah masyarakat di mana ia berada. Sosialisasi memiliki tujuan dan fungsi. Diantara tujuan sosialisasi dan fungsi sosialisasi adalah sebagai berikut.

Tujuan dan Fungsi Sosialisasi
Tujuan Sosialisasi
Sosialisasi sebagai suatu proses sosial mempunyai tujuan. Diantara tujuan sosialisasi yaitu:

1. Memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

2. Mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuan untuk membaca, menulis, dan bercerita.

3. Membantu seseorang mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.

4. Menanamkan kepada seseorang nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat.

Fungsi Sosialisasi

Proses sosialisasi di lingkungan masyarakat memiliki dua fungsi utama. Fungsi sosialisasi tersebut adalah:

1. Dilihat dari kepentingan individu, sosialisasi bertujuan agar individu bisa mengenal, mengakui dan menyesuaikan diri dengan nilai-nilai, norma-norma, dan struktur sosial yang ada di dalam masyarakat.

2. Dilihat dari kepentingan masyarakat, sosialisasi berfungsi sebagai alat pelestarian, penyebarluasan, dan pewarisan nilai-nilai serta norma-norma yang ada dalam masyarakat, supaya tetap ada dan terpelihara oleh seluruh anggota masyarakat.

Dengan tercapainya tujuan sosialisasi maupun fungsi sosialisasi, diharapkan proses sosialisasi akan berjalan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :