12/8/15

Tingkat Organisasi dalam Ekosistem

Perpusku
Loading...

Dalam sebuah ekosistem makhluk hidup membentuk tatanan atau organisasi tertentu.  Organisasi terkecil dalam ekosistem disebut individu. Individu-individu sejenis berkumpul dan berinteraksi membentuk organisasi yang lebih besar yang disebut populasi. Beberapa populasi makhluk hidup dalam suatu lingkungan berinteraksi membentuk komunitas. Komunitas dan lingkungannya selalu berhubungan timbal balik membentuk ekosistem. Beberapa ekosistem membentuk bioma dan keseluruhan ekosistem yang ada di bumi merupakan biosfer.

Individu
Pengertian Individu
Individu adalah makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologis. Seekor kerbau, seekor rusa, sebatang pohon meranti, seorang manusi merupakan individu dalam ekosistem. Individu merupakan satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem.

Populasi
Pengertian Populasi
Populasi adalah kumpulan individu sejenis pada suatu daerah dalam jangka waktu tertentu. Jadi, rusa-rusa di padang rumput, pohon-pohon meranti di hutan, dan penduduk di suatu kelurahan merupakan populasi. Jumlah individu sejenis dalam satuan luas tertentu pada jangka waktu tertentu disebut kepadatan populasi. Rumus untuk menghitung kepadatan populasi dapat ditulis sebagai berikut.

Kepadatan = Jumlah invividu : Luas daerah yang ditempati

Misalnya pada tahun 2006 survei pohon buah-buahan di desa Sukamaju menemukan 4500 pohon pisang di perkebunan seluas 12 hektar. Maka, kepadatannya = 4500 : 12. Jadi, kepadatan pohon pisang adalah 375/hektar.

Komunitas
Pengertian Komunitas
Komunitas adalah  kumpulan beberapa populasi yang berbeda yang saling berinteraksi pada daerah dan waktu tertentu. Misalnya populasi ikan nila, populasi ikan mujair, populasi eceng gondok, populasi plankton, dan populasi Hydrilla merupakan anggota komunitas kolam. Pada komunitas terjadi interaksi antar berbagai populasi dan dalam interaksi itu terjadi perpindahan materi dan energi.

Ekosistem
Pengertian Ekosistem
Adalah interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotiknya. Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya pada suatu ekosistem bersifat khusus. Artinya interaksi komunitas di lingkungan kutub berbeda dengan interaksi komunitas di lingkungan tropis. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibedakan menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Bioma dan Biosfer
Pengertian Bioma dan Biosfer
Bioma adalah ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Sedangkan biosfer adalah keseluruhan bioma yang ada di bumi. Masing-masing bioma mempunyai sifat yang khas yang dipengaruhi oleh kondisi komponen abiotiknya.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :