12/8/15

Peranan Hewan & Tumbuhan Bagi Manusia

Perpusku
Loading...

Kelestarian dan keanekaragaman hayati harus senantiasa diperhatikan agar keseimbangannya selalau terjaga. Keseimbangan itu diperlukan untuk mempertahankan kehidupan manusia. Jika kita amati semua benda dan makhluk hidup beserta peranannya yang ada disekitar, maka kita akan mengetahui bahwa manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa tumbuhan dan hewan disekitarnya.

Hutan Hujan Tropis

Makhluk hidup sebagai sumber pangan tidak diragukan lagi keberadaannya. Perhatikan makanan yang tersaji di meja makan. Darimanakah kita mendapat bahan makanan seperti itu? Semua berasal dari makhluk hidup. Pakaian manusia juga berasal dari makhluk hidup, misalnya sutera dan kapas. Untuk mendirikan perumahan, kayu merupakan bahan dasar yang penting. Selain itu berbagai perabot rumah tangga juga terbuat dari kayu. Saat ini sedang marak penggunaa obat tradisional yang berasal dari makhluk hidup sebagai alternatif pengobatan. Obat tradisional merupakan sumbangan berbagai makhluk hidup untuk kesehatan manusia.

Sebagai sumber ekonomi,makhluk hidup juga dibutuhkan sebagai bahan baku industri. Industri perkebunan, obat-obatan, kosmetika, makanan, dan minuman merupakan contoh industri yang berkaitan erat dengan keberadaan makhluk hidup. Selain itu banyak jenis-jenis makhluk hidup yang dapat dipanen dari alam atau hutan dan diperdagangkan langsung, misalnya rotan, umbi-umbian, hewan buruan, dan buah-buahan.

Keanekaragaman hewan dan tumbuhan juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Sebagai contohnya adalah tumbuhan di hutan hujan tropis yang banyak menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari udara. Lebih jauh lagi, hutan hujan tropis merupakan paru-paru dunia karena peranannya sangat penting dalam menjaga keseimbangan komposisi gas di udara. Semakin beraneka ragam makhluk hidup dalam suatu ekosistem, akan semakin stabil pula suatu ekosistem itu.

Keberadaan hewan dan tumbuhan juga berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber plasma nutfah. Apakah plasma nutfah itu? Plasma nutfah adalah bagian tubuh tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme yang mempunyai fungsi dan kemampuan mewariskan sifat. Keaneka ragaman plasma nutfah diperlukan untuk menciptakan jenis-jenis tanaman atau hewan budidaya yang unggul. Selain itu keanekaragaman hayati memungkinkan kita untuk menemukan sumber pangan dan obat-obatan alternatif serta kebutuhan dasar manusia lainnya.

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :