5/15/16

Struktur Sosial (Ciri-ciri dan Fungsinya)

Admin Perpusku
Loading...

Semua hubungan, interaksi, atau pergaulan kehidupan manusia dalam struktur sosial selalu memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat diidentifikasi. Struktur  sosial yang ada dalam masyarakat sebagai suatu sistem sosial tersebut, juga  memiliki ciri umum. Adapun ciri-ciri struktur sosial adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri Struktur Sosial

Ciri-Ciri Struktur Sosial
1. Struktur sosial mencakup semua hubungan sosial antar individu pada saat tertentu.
2. Struktur sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat yang dapat dilihat dari sudut pandang teoritis. Jadi, setiap pelaksanaan penelitian diarahkan pada pemikiran tentang derajat dari susunan sosialnya.
3. Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat statis sehingga dapat dilihat kerangka tatanannya yang berbentuk struktur.
4. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan sosial pokok yang dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat dan memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang kemungkinan besar dilakukan secara organisatoris.

Selain ciri-ciri, struktur sosial juga memiliki fungsi dalam kehidupan masyarakat. Dalam struktur sosial banyak dijumpai berbagai aspek perilaku sosial. Dengan adanya struktur sosial secara psikologis masyarakat merasakan adanya batas-batas tertentu dalam setiap aktivitasnya. Dengan demikian, individu senantiasa menyesuaikan diri dengan ketertiban dan keteraturan yang ada. Dalam kondisi seperti itu, norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dapat berfungsi sebagai pembatas dalam berperilaku agar tidak melanggar hak anggota masyarakat lainnya.

Fungsi Struktur Sosial
Berikut ini adalah beberapa fungsi struktur sosial.
1. Struktur sosial berfungsi sebagai pengawasan sosial (social control).
Artinya struktur sosial merupakan penekan terhadap adanya pelanggaran nilai dan norma masyarakat sehingga disiplin kelompok dapat dipertahankan.

2. Struktur sosial berfungsi sebagai dasar dalam menanamkan disiplin sosial (discipline control).
Setiap anggota kelompok akan memiliki pengetahuan dan kesadaran terutama dalam hal sikap, adat kebiasaan, dan kepercayaan. Dengan demikian, anggota kelompok dapat mengetahui bagaimana cara bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan dan harapan masyarakat. Akibatnya, perbedaan paham dapat dikurangi.

Menurut Soejono Soekanto, ada beberapa unsur sosial yang pokok seperti:
1. Kelompok sosial
2. Kebudayaan
3. Lembaga sosial
4. Stratifikasi sosial
5. Kekuasaan dan wewenang

Silakan Tinggalkan Komentar Anda :